Langsung ke konten utama

Pengenalan Memory SD Card/ TF Card




Mengenal lebih dalam dengan TF Card dan SD Card #3

Perbedaan TF Card  (Trans Flash Memory card) dan SD Card (Secure Digital Memory Card) yang paling mencolok adalah dari ukurannya. TF Card mempunyai dimensi  (15mm × 11mm × 1mm dan berat 0,25 gram) yang lebih kecil dibanding SD Card (24mm × 32mm × 2.1mm dan berat 2 gram).

SD Card pertama kali diperkenalkan pada Agustur 1999 oleh 3 Perusahaan (yaitu Sandisk dari Amerika, serta Panasonic dan Toshiba dari Jepang. Sedangkan TF Card (Trans-Flash Card / micro SD) pertama kali dikenalkan oleh SD Association pada 13 Juli 2005, saat itu TF Card memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 32, 64 dan 128 MB.

Perbedaan lainnya adalah sistim write protection dengan mengeser slide switch ke bawah pada SD Card, sedangkan untuk micro SD/ TF Card tidak terdapat fitur write protection tersebut. Dengan menambahkan adapter, micro SD Card dapat difungsikan menjadi SD Card. Adapter tersebut umumnya sudah termasuk dalam paket pembelian.

Perbedaan SDIO, SDHC dan SDXC.

SDXC | Mengenal lebih dalam dengan TF Card dan SD Card

  • SDIO (Secure Digital Input Output) memiliki kapasitas maksimal sebesar 16 GB dan mendukung format FAT12 dan FAT16
  • SDHC (Secure Digital High Capacity) memiliki kapasitas maksimal sebesar 32 GB dan mendukung format FAT32.
  • SDXC (Secure Digital Extend Capacity) memiliki kapasitas maksimal sebesar 2 TB dan mendukung format exFAT.
Penjelasan lengkap mengenai FAT (File Allocation Table) bisa kamu baca disini https://id.wikipedia.org/wiki/FAT

Mengenal lebih dalam dengan TF Card dan SD Card #4

Macam-macam Class Kartu Memori

Selain 3 jenis diatas, kartu memori juga dibedakan dari segi kecepatan. Kecepatan yang dimaksud disini adalah kecepatan penulisan (write) suatu kartu memori. Biasanya bila kamu membeli sebuah kartu memori, di kemasan terdapat tulisan Class 2, Class 4, Class 6 dan Class 10. Semakin tinggi Class biasanya semakin mahal, meski kapasitas yang diberikan sama. Misal, kartu memori A memiliki kapasitas 32 GB (Class 2) dengan kartu memori B dengan kapasitas yang sama namun dengan Class 10. Dapat dipastikan kartu memori B memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kartu memori A, meski keduanya memiliki kapasitas dan merk yang sama.
Speed Class | Mengenal lebih dalam dengan TF Card dan SD Card
Class pada kartu memori menunjukkan kecepatan kartu dalam menulis suatu data.
  • Class 2 = 2 MB/sec atau 16 Mbps
  • Class 4 = 4 MB/sec atau 32 Mbps
  • Class 6 = 6 MB/sec atau 46 Mbps
  • Class 10 = 10 MB/sec atau 80 Mbps
Perlu diketahui, MB dibaca Megabytes atau Megabita dan Mb dibaca Megabit. Jadi, tiap 1 MB (Megabyte) sama dengan 8 Mb (Megabit). Kadang penulisan di kemasan kartu memori menggunakan satuan Megabit untuk menarik pembeli, karena angka yang ditunjukkan lebih besar dibanding menggunakan satuan Megabytes. Dengan begitu, diharap dapat menarik minat lebih banyak orang untuk membeli produk mereka. Itu suatu yang wajar dan tidak ada yang salah.
Jadi, kesimpulan dari artikel ini adalah TF Card sama dengan atau memiliki nama lain micro SD.

https://youtu.be/dKy_gyt2Myc

Cara Mengetahui Kecepatan SD Card

Kartu memori mempunyai kelasnya masing-masing, mulai dari SD Card kelas 4, SD Card kelas 6, dan SD Card kelas 10. Jika kamu masih ragu akan kelas di memori eksternal. Kamu bisa mengetes kecepatan baca dan tulis nya (R/W). Ada sebuah aplikasi khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kecepatan SD Card kamu. Di sini saya telah merangkum bagaimana cara menggunakannya.
  • Download SD Tools lalu install seperti biasa di Android kamu.
  • Buka aplikasinya lalu pilih Menu > Costum path dan cari dimana lokasi SD Card kamu berada. Biasanya ada di /storage/sdcard1.mengetahui-kecepatan-kartu-memori-1
  • Jika sudah, pilih Start Speed Tests dan tunggu hingga prosesnya selesai.mengetahui-kecepatan-kartu-memori-2
  • Berikut adalah contoh SDCard yang saya punya.mengetahui-kecepatan-kartu-memori-3
Semakin besar kecepatan kartu memori kamu dalam melakukan baca dan tulis data, menunjukan bahwa kartu memori tersebut adalah kartu memori yang bagus. Selamat mencoba!

Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu 

1. Dari Fisiknya

Secara fungsi, SD Card asli atau palsu memang tidak ada bedanya, sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan data digital. Hanya saja, SD Card palsu sering mengalami masalah di kemudian hari, seperti data yang sering corrupt, transfer data yang lambat, dan juga sering tidak terbaca oleh perangkat smartphone kamu.
cara membedakan sd card asli atau palsu 4
Adapun cara membedakan SD Card asli atau palsu secara fisik adalah dengan memeriksa apakah menggunakan cetakan nama merek permukaannya atau menggunakan sticker. Kartu memori yang asli biasanya menggunakan cetakan pada permukaannya, bukan menggunakan sticker yang ditempelkan. Adapun jika menggunakan sticker untuk menimbulkan hologram, di bawah stickernya tetap akan ditemukan cetakan nama mereknya.

2. Test Dengan Aplikasi

Adalah SD Insight, sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa apakah kartu memori yang kamu gunakan asli atau palsu. Aplikasi gratis ini akan memberikan kamu info seputaran kartu memori yang kamu gunakan. Nantinya, kamu bisa mengetahui apakah kartu memori yang kamu gunakan itu asli atau palsu.
Caranya, cukup instal SD Insight dari link yang sediakan.
Selanjutnya, kamu mulai bisa menggunakan SD Insight untuk mengetahui data dari perangkat SD Card yang kamu gunakan. Apa saja yang ditawarkan oleh SD Insight?
  1. Membaca informasi SD Card yang kamu gunakan. Nantinya, informasi ini bisa kamu gunakan untuk dicocokan dengan data yang ada pada kemasan dan nota pembelian kartu memori tersebut. Ingat:Perhatikan tanggal pembuatan dan produksi kartu memori yang kamu gunakan. Jika tanggal produksinya tidak sesuai dengan yang ada pada kemasan, maka keaslian kartu memorinya wajib dipertanyakan. Selanjutnya perhatikan juga nomer model dan serial nomernya.cara membedakan sd card asli atau palsu 5
  2. Membaca informasi memori internal smartphone kamu.cara membedakan sd card asli atau palsu 6
Menariknya, jika ternyata kartu memori yang kamu gunakan itu palsu, masa SD Insight tidak akan mampu menampilkan data dari SD Card yang kamu gunakan. Bisa juga hal itu terjadi karena kartu memori yang kamu gunakan tidak terdaftar. Tapi demi keamanan, akan lebih nyaman jika selalu menggunakan SD Card yang terdaftar bukan?
Untuk berjaga-jaga agar kamu tidak mendapatkan memory card atau SD Card yang palsu/ KW, selalu bertanya pada penjualnya. Jika ternyata penjual menawarkan harga yang murah, sebaiknya tanyakan lebih detail dan juga jangan lupa minta garansi minimal 1 bulan. 


Sumber: 

https://iflow.id/2017/03/mengenal-lebih-dalam-tf-dan-sd-card/
https://jalantikus.com/tips/cara-mengetahui-kecepatan-sd-card-di-android/
https://jalantikus.com/tips/cara-membedakan-sd-card-asli-atau-palsu/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inrush Current

Inrush Current adalah  Lonjakan arus masuk maksimal sesaat (arus kejut listrik) yang ditarik oleh perangkat listrik saat pertama kali dihidupkan. Lonjakan arus sesaat ini digunakan untuk mengisi/ charge capasitor penstabil tegangan secara cepat pada perangkat elektronik tersebut. Saat pertama kali dinyalakan, capacitor berusaha untuk mengisi dirinya secepat mungkin (dalam hitungan hanya beberapa milidetik!), dan resistansi rangkaian turun drastis sampai mendekati nol sehingga seolah-olah terjadi konslet/ hubung-singkat. Menurut rumus fisika/ Hukum Ohm, besarnya arus yg mengalir sama dengan tegangan jaringan listrik dibagi dengan resistansi rangkaian (i = V / R).  Saat capacitor sedang mengisi muatan, resistansi yg tersisa hanyalah dari kabel jaringan. Seandainya kabel tersebut memiliki resistansi 1 ohm, maka arus yg mengalir bisa mencapai [220volt dibagi 1 ohm] = 220 Ampere! Lebih dari cukup untuk men-trigger mcb yg ada di rumah. Arus yg sangat besar ini disebut Inrush Current (a

Memperbaiki Firmware HDD Seagate Baracuda 500 GB

Memperbaiki Firmware Hard disk dengan Serial/ RS-232 port Kali ini saya akan mencoba memperbaiki harddisk Seagate SATA 500 GB yang tiba-tiba ke detect sebagai ST_M13FQBL dan kapasitas harddisk dinyatakan 0 GB. Bermasalah di firmware HDD. Setelah googling, perkiraan penyebab kerusakan tersebut pada firmware HDD tsb. Untuk mengatasi firmware pada harddisk digunakan komunikasi serial antara pc dan harddisk. Kalau kita perhatikan port di belakang harddisk, ada beberapa connector berbaris di antaranya supply tegangan (Port PSU), I/O connector IDE/ SCSI/ SATA dan ada beberapa pin Jumper Connector seperti di gambar. Untuk pembahasan kali ini, penulis membatasi pada Harddisk merk Seagate Barracuda kapasitas 500 GB dengan type ST500DM002, Firmware : KC48 STX-720012(B) atau  720011yang akan di re-flashing firmware dari HDD tersebut dengan menggunakan aplikasi hyper terminal pada win XP atau aplikasi terminal lainnya, Seperti Putty, Realterm, dll. Untuk Windows 7, 8, Vista, dapat mengcop

Reset Canon MP258

Cara Reset Printer Canon Mp258 Matikan printer (tekan on/off) 2. tekan tombol stop/reset, jangan dilepas 3. tekan lagi tombol power, sampai led power menyala (jangan dilepas). 4. lepas tombol stop/reset, tekan lagi tombol stop reset 2 kali. 5. lepas tombol power on/off 6. tunggu sampai LED utama (bukan led power) menunjuk angka 0 pada PANEL PRINTER >>>> ini BAGIAN YANG PENTING : 7. tekan tombol stop/reset 4 kali, 8. tekan tombol power 1 kali (Roller kertas akan berputar, led power berkedip) 9. Tunggu sampai led berhenti berkedip dan printer stand by (gak ada respon langsung aja ke tahap no 10) 10. tekan led power on/off untuk mematikan printer.. 11. nyalakan lagi… Download dulu MP Tool di sini Petunjuk penggunaan MP TOOL 1. Nyalakan printer seperti biasa. lalu anda tekan tombol power dan cabut kabel printer lalu pasang lagi terus tekan tombol stop/reset 1 x. oh iya tombol powernya jangan dilepas dulu. setelah tekan tombol stop reset baru anda lepas maka printer akan masuk k