Langsung ke konten utama

Inrush Current

Inrush Current adalah 

Lonjakan arus masuk maksimal sesaat (arus kejut listrik) yang ditarik oleh perangkat listrik saat pertama kali dihidupkan. Lonjakan arus sesaat ini digunakan untuk mengisi/ charge capasitor penstabil tegangan secara cepat pada perangkat elektronik tersebut.

Saat pertama kali dinyalakan, capacitor berusaha untuk mengisi dirinya secepat mungkin (dalam hitungan hanya beberapa milidetik!), dan resistansi rangkaian turun drastis sampai mendekati nol sehingga seolah-olah terjadi konslet/ hubung-singkat. Menurut rumus fisika/ Hukum Ohm, besarnya arus yg mengalir sama dengan tegangan jaringan listrik dibagi dengan resistansi rangkaian (i = V / R). 


Saat capacitor sedang mengisi muatan, resistansi yg tersisa hanyalah dari kabel jaringan. Seandainya kabel tersebut memiliki resistansi 1 ohm, maka arus yg mengalir bisa mencapai [220volt dibagi 1 ohm] = 220 Ampere! Lebih dari cukup untuk men-trigger mcb yg ada di rumah. Arus yg sangat besar ini disebut Inrush Current (atau Power Surge).

Selain capasitor, trafo juga menarik arus yang sangat besar untuk menstabilkan flux magnit trafo tersebut saat pertama kali dihubungkan ke sumber listrik.

Peralatan listrik yg sering menimbulkan Inrush Current :

* Lampu tungsten (bahan
* Lampu TL (trafo ballast )
* Trafo
* PSU (misalnya yg ada di PC atau TV atau Amli Hi-Fi)
* Electric motor (termasuk juga pompa air, AC, kulkas, kipas)
* CRT di monitor/TV tabung (terutama yg memakai coil degauss)



 





Untuk mengatasi lonjakan arus sesaat/ inrush current tersebut ada bbrp cara yang dapat digunakan, mulai dari yang sangat sederhana hingga komplek. Alat tersebut adalah soft star circuit. Yang paling sederhana adalah dengan merangkai seri peralatan dengan sebuah hambatan/ resistor seperti gambar di atas, ketika peralatan sudah stabil, maka hambatan tsb bisa di short (utk yg manual bisa menggunakan switch). Beberapa alat biasanya terdapat hambatan yg bekerja otomatis (thermistor/ NTC).


Power NTC thermistors application circuits







Komentar

Andhikalt's-Blog mengatakan…
Jadi misalnya PSU 450 watt inrush current nya jyga 450 watt?
Psu 450 watt kuat ga di Listrik 900 watt?
Unknown mengatakan…
kalo 450watt masih kuat kalo udh di 500watt setau gua jeprett

Postingan populer dari blog ini

Memperbaiki Firmware HDD Seagate Baracuda 500 GB

Memperbaiki Firmware Hard disk dengan Serial/ RS-232 port Kali ini saya akan mencoba memperbaiki harddisk Seagate SATA 500 GB yang tiba-tiba ke detect sebagai ST_M13FQBL dan kapasitas harddisk dinyatakan 0 GB. Bermasalah di firmware HDD. Setelah googling, perkiraan penyebab kerusakan tersebut pada firmware HDD tsb. Untuk mengatasi firmware pada harddisk digunakan komunikasi serial antara pc dan harddisk. Kalau kita perhatikan port di belakang harddisk, ada beberapa connector berbaris di antaranya supply tegangan (Port PSU), I/O connector IDE/ SCSI/ SATA dan ada beberapa pin Jumper Connector seperti di gambar. Untuk pembahasan kali ini, penulis membatasi pada Harddisk merk Seagate Barracuda kapasitas 500 GB dengan type ST500DM002, Firmware : KC48 STX-720012(B) atau  720011yang akan di re-flashing firmware dari HDD tersebut dengan menggunakan aplikasi hyper terminal pada win XP atau aplikasi terminal lainnya, Seperti Putty, Realterm, dll. Untuk Windows 7, 8, Vista, dapat mengcop

Reset Canon MP258

Cara Reset Printer Canon Mp258 Matikan printer (tekan on/off) 2. tekan tombol stop/reset, jangan dilepas 3. tekan lagi tombol power, sampai led power menyala (jangan dilepas). 4. lepas tombol stop/reset, tekan lagi tombol stop reset 2 kali. 5. lepas tombol power on/off 6. tunggu sampai LED utama (bukan led power) menunjuk angka 0 pada PANEL PRINTER >>>> ini BAGIAN YANG PENTING : 7. tekan tombol stop/reset 4 kali, 8. tekan tombol power 1 kali (Roller kertas akan berputar, led power berkedip) 9. Tunggu sampai led berhenti berkedip dan printer stand by (gak ada respon langsung aja ke tahap no 10) 10. tekan led power on/off untuk mematikan printer.. 11. nyalakan lagi… Download dulu MP Tool di sini Petunjuk penggunaan MP TOOL 1. Nyalakan printer seperti biasa. lalu anda tekan tombol power dan cabut kabel printer lalu pasang lagi terus tekan tombol stop/reset 1 x. oh iya tombol powernya jangan dilepas dulu. setelah tekan tombol stop reset baru anda lepas maka printer akan masuk k