Langsung ke konten utama

Seputar CCTV dan IP Camera


Istilah-istilah yang sering dijumpai dan artinya:


ONVIF : ONVIF merupakan sebuah organisasi organisasi nirlaba dan menjadi sebuah forum industri terbuka untuk mempromosikan dan mengembangkan standar global antarmuka produk keamanan fisik berbasis IP. Ruang lingkup kerja di ONVIF didorong dan dilaksanakan oleh para anggotanya di berbagai komite dan kelompok kerja. 

Tujuan dari forum ONVIF adalah untuk memfasilitasi pengembangan dan penggunaan standar global terbuka untuk antarmuka produk video jaringan . Spesifikasi ONVIF akan memastikan interoperabilitas antara produk jaringan video terlepas dari produsen. ini akan menjadi lebih mudah bagi para pengguna, integrator, konsultan dan produsen untuk mengambil keuntungan dari kemungkinan yang ditawarkan oleh video jaringan, sehingga lebih hemat biaya dan solusi yang fleksibel, memperluas peluang pasar dan mengurangi risiko. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di http://www.onvif.org

PTZ : Pan (mampu bergerak ke kanan dan kiri), Tilt (mampu bergerak ke atas dan bawah), Zoom (dapat membesarkan gambar tampilan)

IR : Infra Red (sinar infra merah sebagai penerangan disaat keadaan gelap)

CCD Complimentary Metal-Oxide Semiconductor adalah salah satu jenis sensor yang digunakan CCTV untuk menangkap gambar. Istilahnya sensor CCD ini adalah mata yang mampu melihat. Teknologi sensor CCD ini berbeda dengan sensor CMOS, CCD akan mengubah objek yang direkam menjadi elektron lalu kemudian sinyal tegangan elektron akan disalurkan menuju konverter untuk diubah menjadi sinyal digital. Baru kemudian sinyal digital dapat diterima chip (otak di CCTV) agar mampu ditampilkan pada layar.

CMOS Complementary Metal–Oxide–Semiconductor yang merupakan teknologi sensor terbaru pada CCTV, beda dengan teknologi CCD yang harus masuk sistem konverter terlebih dahulu sebelum dapat diterima ke chip, teknologi CMOS lebih canggih karena converter (Pengubah Sinyal Analog ke digital) dijadikan satu / terintegrasi dengan setiap pixel atau sel-sel penangkap gambar yang terdapat pada sensor. Teknologi ini lebih menekankan pada penghematan daya listrik dan meringkas komponen pembentuk CCTV.

DVR : Digital Video Recoder,  adalah suatu alat agar CCTV dapat merekam setiap gambar yang tertangkap maka dibutuhkan sebuah ruang penyimpanan khusus. Disinilah perlunya DVR, CCTV akan mengirimkan gambar ke DVR agar dapat menyimpan berbagai kejadian yang tertangkap. Biasanya penyimpanan DVR menggunakan Harddisk  atau ada juga yang menggunakan Memory Flash seperti SD Card, TF Card.

NVR adalah perangkat perekam yang berbasis protokol internet, digunakan sebagai media penyimpan rekaman segala aktifitas yang ditangkap oleh kamera ip. Distribusi video/gambar ditranfer melalui di jaringan (network).

Focal Length : Adalah panjang titik fokus lensa, biasanya di CCTV atau Camera Digital disimbolkan dengan (huruf ‘f’ kecil) atau langsung menampilkan angkanya dalam satu mm (milimeter). Biasanya nilai mm (milimeter) ini berhubungan langsung dengan luas pandang. Jika milimeternya kecil, maka sudut pandang menjadi luas sehingga objek terlihat sangat jauh dari kamera. Sebaliknya jika mm (milimeternya besar) seolah-olah gambar terlihat didepan mata dan sudut pandang menyempit.

Pengertian CCTV AHD (Analog High Definition)

Kamera analog AHD memiliki resolusi perekaman diatas CCTV analog standart pada umumnya apabila sebelumnya untuk CCTV analog resolusi tertingginya yang paling umum adalah WD1 (960*576) atau setara 552.960 pixels atau 0,5/0,6 MP diresolusi AHD untuk saat ini pada umumnya bisa merekam untuk resolusi 1 MP (1280*720) atau setara 921.600 pixels dan kedepannya atau saat ini untuk resolusi perekaman diatasnya Full HD (1920*1080) 2MP atau setara 2.073.600 pixels

Apakah kendala untuk CCTV AHD?
Di setiap tekhnologi yang berkembang tentunya akan ada kendala di setiap tekhnologi yang dikembangkan sebelumnya kendala itu adalah :

-Resolusi yang tinggi membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar juga,apabila sebelumnya kita dapat menyimpan rekaman CCTV untuk 20 hari atau lebih apabila menggunakan CCTV analog standart rekaman WD1 (960H) maka untuk AHD hanya estimasi setengahnya saja 10 hari-an untuk resolusi 1 MP dan 5 hari-an untuk resolusi 2MP untuk hitungan kasarnya.
Maka kita perlu menambah kapasitas HDD maksimal untuk penyimpanan yang maksimal.

-Seringkali tidak tersedianya Output BNC to RCA.Untuk yang masih menggunakan TV tabung atau yang belum memiliki input VGA maupun HDMI tekhnologi CCTV AHD perlu alat tambahan untuk digunakan namun tentunya view-nya juga akan turun kualitasnya.

-Kebanyakan CCTV resolusi HD menggunakan Image Sensor CMOS.Berbeda dengan CCD yang lebih peka untuk cahaya kurang,Image Sensor CMOS membutuhkan IR LED yang cukup bagus dan IR Cut Filter yang cukup bagus pula untuk bisa menangkap video image di malam hari yang layak untuk ditampilkan untuk memantau lokasi yang ingin dipantau.

Apabila kita bisa menangani kendala-kendala tersebut tentunya tekhnologi AHD sangat disarankan untuk dapat memantau Area yang ingin kita amankan dengan detail resolusi yang baik pula.

Contoh Gambar CCTV AHD
Pengertian CCTV AHD


Contoh Gambar CCTV Analog Standar TVL
Pengertian CCTV AHD


Dasar Jaringan IP Camera
Pada dasarnya menghubungkan IP Camera  ke jaringan tdk jauh berbeda dgn alat2 yg terhubung dgn jaringan komputer.Yaitu yg pertama ia harus punya alamat IP. Cara memberi (setting) alamat IP berbeda2 untuk tiap merk. Caranya bisa dilihat  pada buku manualnya masing-masing.
Contoh jaringan sederhana IP Camera :
Gambar Jaringan IP camera sederhana

Cara Mengakses IP Camera yg paling mudah dengan web browser semacem mozilla atau IE atau google crome. Cukup dgn  mengetik alamat IP camera di web browser  maka  akan muncul  tampilan atau menu sederhana untuk mengaktifkan IP Camera.
Untuk penggunaan yg lebih luas   web browser tdk memadai lagi  maka diperlukan sebuah software khusus yang kita namakan saja Software management Video. Software ini digunakan untuk:
– Mengelola IP Camera dgn jumlah banyak.
– Merekam data video dan audio .
– Mengelola akses user.
– Melihat secara bersamaan (simultan)  dari banyak  Camera
– Mencari data rekaman.
– Video motion detector(VMD).
-Dll.

Media Perekaman NVR atau PC SERVER

Pertama tentang media perekam, haruskah NVR atau PC SERVER, atau gabungan keduanya? Tergantung tujuannya dari pemasangan IP CAMERA itu sendiri, apabila untuk perekaman 24 jam non-stop disarankan menggunakan NVR. Karena NVR harganya jauh lebih murah dari PC SERVER, server termurah dengan prosesor 4 core harganya bisa 2000USD sedangkan NVR bisa dijumpai mulai harga Rp1-2juta untuk 4 sampai 8 kamera.

Kelebihan dari NVR adalah standar ONVIF , apa sih ONVIF? ONVIF itu semacam forum produsen IP Based CCTV untuk penyamaan standar. Apabila menggunakan NVR yang sudah ONVIF, anda bisa mencampur berbagai macam merk kamera yang sudah ONVIF. Apabila menggunakan PC SERVER misalkan menggunakan 8 kamera, maka ke delapan kamera tersebut harus merk yang sama karena menggunakan software based recording. Saat ini kebanyakan IP CAMERA berstandar ONVIF 2.0.


Haruskah NAS Support?

Pengalaman pasang IP Camera sebagai pemilik jaringan LAN memiliki aturan bahwa Server dan Data Server harus terpisah, semua SERVER hanya memiliki HDD kecil sementara Data Storage menggunakan NAS (Network Access Storage), dan dalam gedung terpisah. Sehingga pemilihan IP CAMERA pun harus yang sudah mendukung NAS.

Dengan IP CAM yang sudah mendukung NAS, data file langsung dikirim ke NAS dari kamera langsung tanpa perantara NVR atau Server, NVR atau Server hanya sebagai Traffic Setup Controller. Dengan demikian Storage bisa disembunyikan jauh dari tangan-tangan usil. Dengan memilih IP CAM yang sudah support NAS, berarti IP CAM tersebut juga sudah siap mendukung Cloud Storage.

100% IP Camera bisa mengirim data ke tampat jauh (cloud) dengan FTP, sayangnya FTP masih belum murni NAS dan tidak aman. Local Storage di server masih dibutuhkan. Hanya segelintir merk IP CAMERA yang mendukung NAS diantaranya, yang saya tahu:



  • FLIR
  • AXIS
  • VIVOTEK
  • HIKVISION (tidak semua model)
  • MILESIGHT (tidak semua model)
  • Analog CCTV hanya tergantung jumlah kabel terpakai. Bawa kabel, DVR, dan kamera, that is it! Semua bisa lancar!
  • IP Camera tergantung situasi lapangan, jarak bentang terjauh, outdoor atau Indoor, bisa mempengaruhi pilihan kabel. 
  • Kualitas kabel LAN ada yang mulai dari Rp800/meter sampai Rp16.000/meter. Semakin mahal semakin tahan lama dan bentangan data maximum untuk cat.5 bisa sesuai teori yaitu 100 meter. Kabel abal2 dibawah 80 meter. Untuk penggunaan outdoor bisa menggunakan kabel UTP Cat.6 bisa dibentang sejauh 170-190meter.
  • Kualitas Switch Hub, ada baiknya Hub terdekat dengan NVR menggunakan Switch / Hub gigabit atau terbaik. 
  • Hitung kapasitas bandwitdth Ip Camera yang dibutuhkan dan juga storage yang diperlukan untuk jumlah hari tertentu dengan menggunakan website ini. Bandingkan bandwidth dibutuhkan dengan kapasitas tersedia di Network existing. Apakah harus membangun jaringan baru atau numpang di jaringan lama?





POE (Power Over Ethernet) atau DC Power

Sebisa mungkin pilih IP CAMERA yang sudah POE dan gunakan feature POE-nya. Gunakan juga POE switch, contoh yang murah dan handal TP-LINK TL-SF1008P. Kenapa? Lebih tahan terhadap power surge, Daya listrik lebih stabil dan menggunakan lebih sedikit kabel.

KECUALI

Untuk kamera traffic di jalan raya, biasanya banyak menggunakan DC Power yang berasal dari UPS + battery Back Up. Supaya bisa terus merakam dan megirim data walau listrik padam.


SDK (Software Development Kit)

Apabila anda berencana untuk memakai IP CAMERA untuk pengembangan custom software. Pilih IP Camera yang telah menyediakan SDK yang sudah komplit, misalkan HIKVISION, FLIR, kedua produsen ini memiliki SDK untuk keperluan pengembang software yang komplit dan dengan pembelian jumlah besar SDK digratiskan. Misal SDK untuk Vehicle Counting, Product recognition/Facial recognition.


PAKET atau NON PAKET

Tidak seperti CCTV ANALOG yang bisa dengan gampang dipaketkan, IP CAMERA jauh lebih sulit dipaketkan.

Hal-hal mengapa sulit menjual paket Ip camera dibanding paket Analog CCTV:



Sumber :

https://www.kaskus.co.id/thread/555587f9a2c06ed03d8b4569/tips-memilih-ip-camera-cctv/
http://www.jogja-cctv.com/mengenal-istilah-cctv/
https://www.kaskus.co.id/thread/56445be6582b2e3a448b4569/pengertian-cctv-ahd/
https://pccontrol.wordpress.com/2012/07/13/pengetahuan-dasar-ip-camera-apa-bedanya-dgn-cctv/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inrush Current

Inrush Current adalah  Lonjakan arus masuk maksimal sesaat (arus kejut listrik) yang ditarik oleh perangkat listrik saat pertama kali dihidupkan. Lonjakan arus sesaat ini digunakan untuk mengisi/ charge capasitor penstabil tegangan secara cepat pada perangkat elektronik tersebut. Saat pertama kali dinyalakan, capacitor berusaha untuk mengisi dirinya secepat mungkin (dalam hitungan hanya beberapa milidetik!), dan resistansi rangkaian turun drastis sampai mendekati nol sehingga seolah-olah terjadi konslet/ hubung-singkat. Menurut rumus fisika/ Hukum Ohm, besarnya arus yg mengalir sama dengan tegangan jaringan listrik dibagi dengan resistansi rangkaian (i = V / R).  Saat capacitor sedang mengisi muatan, resistansi yg tersisa hanyalah dari kabel jaringan. Seandainya kabel tersebut memiliki resistansi 1 ohm, maka arus yg mengalir bisa mencapai [220volt dibagi 1 ohm] = 220 Ampere! Lebih dari cukup untuk men-trigger mcb yg ada di rumah. Arus yg sangat besar ini disebut Inrush Current (a

Memperbaiki Firmware HDD Seagate Baracuda 500 GB

Memperbaiki Firmware Hard disk dengan Serial/ RS-232 port Kali ini saya akan mencoba memperbaiki harddisk Seagate SATA 500 GB yang tiba-tiba ke detect sebagai ST_M13FQBL dan kapasitas harddisk dinyatakan 0 GB. Bermasalah di firmware HDD. Setelah googling, perkiraan penyebab kerusakan tersebut pada firmware HDD tsb. Untuk mengatasi firmware pada harddisk digunakan komunikasi serial antara pc dan harddisk. Kalau kita perhatikan port di belakang harddisk, ada beberapa connector berbaris di antaranya supply tegangan (Port PSU), I/O connector IDE/ SCSI/ SATA dan ada beberapa pin Jumper Connector seperti di gambar. Untuk pembahasan kali ini, penulis membatasi pada Harddisk merk Seagate Barracuda kapasitas 500 GB dengan type ST500DM002, Firmware : KC48 STX-720012(B) atau  720011yang akan di re-flashing firmware dari HDD tersebut dengan menggunakan aplikasi hyper terminal pada win XP atau aplikasi terminal lainnya, Seperti Putty, Realterm, dll. Untuk Windows 7, 8, Vista, dapat mengcop

Reset Canon MP258

Cara Reset Printer Canon Mp258 Matikan printer (tekan on/off) 2. tekan tombol stop/reset, jangan dilepas 3. tekan lagi tombol power, sampai led power menyala (jangan dilepas). 4. lepas tombol stop/reset, tekan lagi tombol stop reset 2 kali. 5. lepas tombol power on/off 6. tunggu sampai LED utama (bukan led power) menunjuk angka 0 pada PANEL PRINTER >>>> ini BAGIAN YANG PENTING : 7. tekan tombol stop/reset 4 kali, 8. tekan tombol power 1 kali (Roller kertas akan berputar, led power berkedip) 9. Tunggu sampai led berhenti berkedip dan printer stand by (gak ada respon langsung aja ke tahap no 10) 10. tekan led power on/off untuk mematikan printer.. 11. nyalakan lagi… Download dulu MP Tool di sini Petunjuk penggunaan MP TOOL 1. Nyalakan printer seperti biasa. lalu anda tekan tombol power dan cabut kabel printer lalu pasang lagi terus tekan tombol stop/reset 1 x. oh iya tombol powernya jangan dilepas dulu. setelah tekan tombol stop reset baru anda lepas maka printer akan masuk k