Langsung ke konten utama

Pengertian SNR, ATTENUATION,QoS

Tabel 1: Klasifikasi SNR_Margin (Signal-to-Noise Margin)
——————————– Makin TINGGI makin BAIK ——————————————————–
29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus) • Koneksi stabil.
11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik) • Sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.
07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup) • Rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.
00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (buruk) • Sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (ter-putus²).
——————————————————–

Tabel 2: Klasifikasi Line Attenuation (Redaman pada Jalur)
———————————- Makin RENDAH makin BAIK ———————————————————-
00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)
30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)
40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)
50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (buruk) • Kemungkinan akan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).
60,0 dB ~ ke atas = Bad (amburadul) • Pasti akan timbul banyak gangguan koneksi (sinyal hilang, tidak bisa connect, dsb).
———————————————————-

1. SNR, SNR Margin, Line Attenuation, Modulation

SNR ( Signal to Noise Ratio ) adalah Perbandingan (ratio) antara kekuatan Sinyal (signal strength) dengan kekuatan Derau (noise level). Nilai SNR dipakai untuk menunjukkan kualitas jalur (medium) koneksi. Makin besar nilai SNR, makin tinggi kualitas jalur tersebut. Artinya, makin besar pula kemungkinan jalur itu dipakai untuk lalu-lintas komunikasi data & sinyal dalam kecepatan tinggi. • Nilai SNR suatu jalur dapat dikatakan pada umumnya tetap, berapapun kecepatan data yang melalui jalur tersebut. • SNR tidak sama dengan SNRM, namun keduanya saling berkaitan erat satu sama lainnya. • Satuan ukuran SNR dan SNRM adalah decibel (dB)

SNRM ( Signal to Noise Margin ), adalah perbedaan (margin) atau Perbandingan Relatif antara Kekuatan Sinyal ADSL dengan Derau (noise) yang ada pada jalur komunikasi. Perbedaan antara nilai SNR_Sebenarnya dari suatu jalur komunikasi dengan SNR_yg_Dibutuhkan oleh jalur tersebut supaya bisa dipakai untuk menyelenggarakan komunikasi pada suatu tingkat kecepatan tertentu.

Contoh:

Misalkan diketahui bahwa kecepatan sebesar 384 kbps membutuhkan tingkat SNR sebesar 20 dB. Diketahui pula bahwa ternyata nilai SNR sebenarnya dari jalur yang dipakai tersebut adalah 45 dB. Maka dapat dihitung bahwa nilai SNRM nya adalah 25 dB, yaitu

SNRM = SNR_Sebenarnya – SNR_yg_Dibutuhkan = 45 dB – 20 dB = 25 dB

• Mengapa ketika kecepatan koneksi kita ditingkatkan dari 384 kbps menjadi 1000 kbps ternyata SNRM yang dilaporkan modem menurun, padahal perangkat koneksi dan perkabelan tidak ada yang diganti? Misalkan diketahui bahwa kecepatan sebesar 384 kbps membutuhkan tingkat SNR sebesar 20 dB. Diketahui bahwa ternyata nilai SNR sebenarnya dari jalur yang dipakai tersebut adalah 45 dB. Diketahui pula bahwa untuk meningkatkan kecepatan dari 384 kbps menjadi 1000 kbps dibutuhkan peningkatan SNR dari 20 dB menjadi 30 dB.

Maka sekarang dapat dihitung bahwa nilai SNRM nya bukan lagi 25 dB melainkan 15 dB, yaitu

SNRM (1000 kbps) = SNR_Sebenarnya – SNR_yg_Dibutuhkan pada 1000 kbps = 45 dB – 30 dB = 15 dB
SNRM (384 kbps) = SNR_Sebenarnya – SNR_yg_Dibutuhkan pada 384 kbps = 45 dB – 20 dB = 25 dB

Line Attenuation. Nilai Line Attenuation (LA) menunjukkan seberapa jauh kualitas sinyal dari/antara modem pelanggan sampai ke perangkat DSLAM di Sentral Otomat Telkom telah terdegradasi (melemah; menurun mutunya). Sama halnya dgn penurunan beda potensial (voltage) di ujung akhir akibat penggunaan kabel listrik yg terlalu panjang tanpa penguat. Faktor jarak sangat berperan. Yang dimaksud dgn “jarak” di sini adalah jarak total panjangnya kabel, bukan seberapa jauh rumah/kantor kita dari DSLAM dan/atau Sentral Otomat Telkom. Biarpun bangunan hanya terpisah tembok, rangkaian kabel telp bisa saja berputar dulu mengelilingi blok perumahan.

Makin jauh jarak modem anda dengan peralatan di DSLAM, makin tinggi nilai redamannya, alias makin buruk keadaannya (akibat makin tingginya jumlah sinyal yang hilang/teredam/melemah disepanjang jalur). Makin rendah nilai LA, makin besar kemungkinan kita akan mendapatkan kecepatan koneksi yang lebih tinggi (karena kualitas sinyal relatif terjaga, tidak banyak teredam/hilang/melemah akibat panjangnya jalur yang harus dilalui). Selain panjang, diameter kabel (0,3~0,6 mm) juga berpengaruh, demikian pula dgn kondisinya (oksidasi, lembab/basah, sambungan kendor, banyak sambungan, dsb).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inrush Current

Inrush Current adalah  Lonjakan arus masuk maksimal sesaat (arus kejut listrik) yang ditarik oleh perangkat listrik saat pertama kali dihidupkan. Lonjakan arus sesaat ini digunakan untuk mengisi/ charge capasitor penstabil tegangan secara cepat pada perangkat elektronik tersebut. Saat pertama kali dinyalakan, capacitor berusaha untuk mengisi dirinya secepat mungkin (dalam hitungan hanya beberapa milidetik!), dan resistansi rangkaian turun drastis sampai mendekati nol sehingga seolah-olah terjadi konslet/ hubung-singkat. Menurut rumus fisika/ Hukum Ohm, besarnya arus yg mengalir sama dengan tegangan jaringan listrik dibagi dengan resistansi rangkaian (i = V / R).  Saat capacitor sedang mengisi muatan, resistansi yg tersisa hanyalah dari kabel jaringan. Seandainya kabel tersebut memiliki resistansi 1 ohm, maka arus yg mengalir bisa mencapai [220volt dibagi 1 ohm] = 220 Ampere! Lebih dari cukup untuk men-trigger mcb yg ada di rumah. Arus yg sangat besar ini disebut Inrush Current (a

Memperbaiki Firmware HDD Seagate Baracuda 500 GB

Memperbaiki Firmware Hard disk dengan Serial/ RS-232 port Kali ini saya akan mencoba memperbaiki harddisk Seagate SATA 500 GB yang tiba-tiba ke detect sebagai ST_M13FQBL dan kapasitas harddisk dinyatakan 0 GB. Bermasalah di firmware HDD. Setelah googling, perkiraan penyebab kerusakan tersebut pada firmware HDD tsb. Untuk mengatasi firmware pada harddisk digunakan komunikasi serial antara pc dan harddisk. Kalau kita perhatikan port di belakang harddisk, ada beberapa connector berbaris di antaranya supply tegangan (Port PSU), I/O connector IDE/ SCSI/ SATA dan ada beberapa pin Jumper Connector seperti di gambar. Untuk pembahasan kali ini, penulis membatasi pada Harddisk merk Seagate Barracuda kapasitas 500 GB dengan type ST500DM002, Firmware : KC48 STX-720012(B) atau  720011yang akan di re-flashing firmware dari HDD tersebut dengan menggunakan aplikasi hyper terminal pada win XP atau aplikasi terminal lainnya, Seperti Putty, Realterm, dll. Untuk Windows 7, 8, Vista, dapat mengcop

Reset Canon MP258

Cara Reset Printer Canon Mp258 Matikan printer (tekan on/off) 2. tekan tombol stop/reset, jangan dilepas 3. tekan lagi tombol power, sampai led power menyala (jangan dilepas). 4. lepas tombol stop/reset, tekan lagi tombol stop reset 2 kali. 5. lepas tombol power on/off 6. tunggu sampai LED utama (bukan led power) menunjuk angka 0 pada PANEL PRINTER >>>> ini BAGIAN YANG PENTING : 7. tekan tombol stop/reset 4 kali, 8. tekan tombol power 1 kali (Roller kertas akan berputar, led power berkedip) 9. Tunggu sampai led berhenti berkedip dan printer stand by (gak ada respon langsung aja ke tahap no 10) 10. tekan led power on/off untuk mematikan printer.. 11. nyalakan lagi… Download dulu MP Tool di sini Petunjuk penggunaan MP TOOL 1. Nyalakan printer seperti biasa. lalu anda tekan tombol power dan cabut kabel printer lalu pasang lagi terus tekan tombol stop/reset 1 x. oh iya tombol powernya jangan dilepas dulu. setelah tekan tombol stop reset baru anda lepas maka printer akan masuk k